Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Perawatan Kecantikan

Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Perawatan Kecantikan - Manfaat belimbing wuluh sudah sejak lama digunakan sebagai bahan masakan untuk menghasilakan rasa masam alami. Rasa asamnya juga sangat nikmat untuk dijadikan kudapan seperti rujak atau asinan. Namun, siapa sangka kalau belimbing wuluh memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan. Manfaat belimbing wuluh ini bisa didapatkan sebagai buah-buahan penghasil vitamin C dan juga digunakan sebagai obat tradisional seperti manfaat kencur atau manfaat temulawak.

Belimbing wuluh


Kandungan Gizi 
Belimbing Wuluh

Manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan terdapat pada khasiatnya untuk mengobati penyakit seperti batuk, sakit gigi dan gejala penyakit diabetes. Hal tersebut terdapat pada kandungan unsur alami belimbing wuluh seperti banyak terdapat pada bagian buahnya, antara lain :
Glukosid, tanin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur, dan kalium sitrat.

Adapun kandungan zat gizi yang terdapat dalam 100 gr belimbing wuluh adalah :

  • Energi (cal) 32
  • Karbohidrat (gr) 7
  • Protein (gr) 0,4
  • Vitamin C (mg) 52
  • Calsium (mg) 10
  • Phospor (mg) 10
  • Zat Besi (mg) 1,0

Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan

Belimbing wuluh merupakan tanaman berkhasiat komplek untuk kesehatan disetiap bagian tanamannya karena bagian lain seperti bagian daun, batang, buah, dan bunganya bisa dijadikan sebagai bahan ramuan obat untuk menyembuhkan sejumlah penyakit.
Berikut adalah manfaat belimbing wuluh yang sangat baik untuk berbagai masalah kesehatan.

1. Mengobati Batuk

Anak-anak yang rentan terhadap penyakit batuk ini bisa diberikan pengobatan dengan belimbing wuluh.

Caranya : 3 Butir belimbing wuluh, beberapa butir adas, dan gula secukupnya ditambah satu cangkir air. Campuran ditim selama beberapa jam. Setelah dingin disaring dengan kain dan dibagi untuk dua kali minum, pagi dan malam saat perut masih kosong.

Khusus untuk batuk rejan – Caranya : Ambil sebanyak 10 buah belimbing wuluh dicuci bersih, remas dengan dua sendok air garam. Kemudian saring dan minum dua kali sehari.

2. Mengatasi Diabetes

6 buah belimbing wuluh dilumatkan lalu direbus dengan segelas air hingga sisa separuhnya. Saring dan minum dua kali sehari. Zat asam yang terkandung dalam buah ini sangat ampuh untuk membantu menghilangkan serta menekan diabetes pada tubuh.

3. Efektif untuk Mengobati Sakit Gigi

Efek belimbing wuluh untuk membantu meredakan sakit gigi untuk sementara sangat ampuh. Caranya cukup mudah yaitu dengan menumbuk belimbing dan meletakkannya pada gigi berlubang.

4. Mengatasi Panu

Panu merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur, belimbing wuluh memiliki sifat anti jamur yang sangat ampuh untuk membantu dalam menghilangkan panu secara bertahap. Caranya cukup mudah yaitu dengan menempelkan belimbing wuluh yang sudah diparut di panu yang terdapat pada kulit anda.

5. Mencegah Hipertensi

Belimbing wuluh sudah digunakan oleh masyarakat tradisional untuk membantu dalam hal masalah tekanan darah tinggi.

Caranya cukup mudah, cukup rebus 3 buah belimbing dengan 2 gelas air hingga menjadi 1/2 gelas. Lalu minum setiap hari 1 kali hingga tekanan darah berkurang.

6. Mengatasi Sariawan

Memang cukup ekstrim jika menggunakan belimbing wuluh untuk mengatasi sariawan karena rasanya cukup perih jika dioles dengan buah ini. Namun banyak yang percaya bahwa ia efektif untuk menghilangkan sariawan secara cepat.

Beragam manfaat buah belimbing wuluh tentu masih sangat banyak peran dalam kesehatan, penelitian mengenai hal ini terus dikembangkan untuk membantu berbagai lapisan masyarakat.

Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kecantikan

7. Mencerahkan Wajah

Masalah wajah kusam membuat Anda tidak percaya diri. Tenang saja, atasi wajah kusam Anda dengan menggunakan masker belimbing wuluh. Dengan penggunaan yang teratur dan rutin maka wajah Anda yang kusam akan menjadi putih serta cerah kembali.

8. Obat Jerawat

Salah satu obat jerawat alami yaitu masker belimbing wuluh. Bukan saja membuat kulit wajah putih berseri saja tetapi juga bisa menghilangkan jerawat membandel yang ada diwajah Anda. Anda tidak perlu panik dan pusing-pusing lagi untuk membeli berbagai macam obat jerawat, cukup gunakan saja masker belimbing wuluh ini.

9. Membantu Membersihkan Pori-Pori Wajah

Pori-pori yang kotor tentunya akan berdampak buruk bagi wajah Anda, apabila terus dibiarkan maka kotoran yang mengendap didalam pori-pori wajah kita tersebut bisa menyebabkan munculnya jerawat dan komedo.

Nah, salah satu cara alami yang cukup ampuh untuk membersihkan pori-pori wajah adalah dengan menggunakan masker belimbing wuluh. Cukup oleskan masker belimbing wuluh ini pada wajah Anda dan kemudian gosok-gosok sambil dipijat lembut. Setelah 15 menit maka cuci bersih wajah Anda.

10. Mengangkat Sel Kulit Mati

Kemudian manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan yang terakhir yaitu bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Dengan terangkatnya sel kulit mati ini maka wajah Anda akan tampak lebih putih dan berseri.

11. Merawat bibir

Manfaat belimbing wuluh yang terakhir adalah untuk perawatan bibir, baik itu bibir menghitam atau bibir kering. Belimbing ini sangat efektif mengembalikan pigmen bibir secara alami. Sehingga bibir yan menghitam dan pucat perlahan akan kembali memerah seperti sedia kala.

Ternyata tidak harus mahal-mahal pakai lipstick atau produk kecantika lainnya untuk mendapatkan bibir merona seperti sedia kala. Kita cukup dengan menggosokkan belimbing ini ke bibir secara teratur. Caranya yaitu belah menjadi 2 bagian sebuah belimbing wuluh, lalu gosok belimbing wulih pada bagian bibir selama kurang lebih 5 menit lalu bilas dengan air bersih.

12. Dapat Digunakan untuk Lulur

Menggunakan lulur berbahan dasar belimbing wuluh akan membuat kulit kita menjadi cerah dan sehat karna belimbing wuluh mengandung vitamin ac yang baik untuk mencerahkan kulit serta memiliki sifat anti jamur maka kulit anda akan terbebas dari berbagai penyakit yang disebabkan timbulnya jamur seperti, panu, kadas, dan kurap. Selain kulit kita akan terlihat lebih cerah juga akan terlihat lebih sehat.

Cara membuat lulur belimbing wuluh:

  • cuci bersih 10 buah belimbing wuluh segar
  • parut belimbing wuluh hingga halus
  • tambahkan air hangat secukupnya
  • lalu oleskan lulur tersebit merata pada kulit anda
  • tunggu selama 20 menit setelah 20 menit gosok-gosok seluruh bagian kulit anda yang masih menggunakan lulur agar sel kulit mati yang menempel pada kulit ikut terlepas bersama lulur yang mulai berjatuhan
  • tahap selanjutnya membilas seluruh permukaan kulit menggunakan handuk panas

Bagaimana, apakah Anda tertarik menggunakan belimbing wuluh sebagai obat herbal dan perawatan kecantikan? Jika iya, Anda juga memperhatikan pola konsumsi buah ini, jangan sampai Anda mengonsumsinya secara berlebihan karena dikhawatirkan akan menimbulkan efek tertentu.

Cukup sekian pembahasan kita kali ini tentang Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Perawatan Kecantikan, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jangan lupa share jika Anda merasa artikel ini bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Perawatan Kecantikan"

Posting Komentar

loading...