16 Khasiat Luar Biasa Buah Srikaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

16 Khasiat Luar Biasa Buah Srikaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan - Sebagai orang Indonesia, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang bernama srikaya. Srikaya adalah salah satu jenis buah yang dalam bahasa latin disebut Annona Squamosa, atau buah srikaya dalam sehari-hari juga biasa disebut Buah Nona atau Mona. Buah srikaya atau buah nona ini adalah salah satu jenis tanaman berbuah yang berasal dari daerah tropis, dan jika kita dalam klasifikasi ilmiah maka buah srikaya ini juga merupakan buah yang masuk dalam golongan genus Annona.

Buah srikaya merupakan buah yang memiliki bentuk khas jika dibandingkan dengan buah-buah lain pada umumnya. Rasanya yang manis dan enak untuk dikonsumsi menjadikannya banyak digemari.


Buah srikaya

Kandungan Nutrisi Buah Srikaya

a.  Tanin

Kandungan ini biasanya memang ada dalam tanaman teh. Namun, zat ini juga terdapat pada buah srikaya yang masih muda. Jadi, jangan heran kalau buah srikaya yang masih belum matang memiliki tingkat keasaman atau malah kepahitan tertentu.

b.  Asam Amino

Asam Amino penting sebagai nutrisi bagi tubuh. Zat-zat ini berfungsi mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan sel. Apalagi untuk sel otak yang masih berkembang, zat ini sangat bagus sehingga perlu dikonsumsi dalam jumlah tertentu setiap harinya.

c.  Potassium

Potassium adalah salah satu mineral yang menjadi keharusan. Mineral ini tidak diproduksi oleh tubuh, padahal sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan. Kekurangan potassium akan menyebabkan berbagai macam penyakit.

d.  Magnesium

Sama seperti potassium, magnesium ini sangat penting untuk kesehatan tubuh. Jangan lupa untuk memenuhi asupan magnesium untuk menjaga tubuh Anda agar tetap sehat.

e.  Niasin

Senyawa organik ini terkait dengan  kandungan vitamin B. Dan kekurangan vitamin B akan menyebabkan penyakit-penyakit yang merepotkan. Mulai dari mudah lelah, lesu dan letih, hingga gangguan pencernaan, serta penyakit lainnya.

Kelima kandungan tersebut adalah yang jarang diketahui masyarakat umum. Sisanya, sama seperti buah lain, buah srikaya mengandung berbagai vitamin, mineral, karbohidrat, serat, serta gula buah. Setelah mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalam satu buah srikaya, berikutnya mari kita simak apa saja manfaat buah srikaya berikut ini.


Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan

1.  Mengobati Asma

Penyakit yang satu ini menjadi momok bagi penderitanya. Aktivitas mereka akan dibatasi karena sekalinya terkena serangan, akan sangat merepotkan dan menyakitkan. Buah srikaya memiliki manfaat sebagai obat asma. Antioksidan dalam buah ini menjadi penangkal untuk beberapa penyebab kambuhnya penyakit ini.

2.  Mengobati Anemia

Magnesium dan zat besi sangat penting untuk menjaga keseimbangan dalam darah. Karena itu, konsumsi srikaya yang mengandung kedua zat ini akan membantu mengatasi penyakit anemia.

3.  Menurunkan Kolesterol

Kolesterol jahat akan menyebabkan penyakit yang mematikan. Salah satunya adalah stroke dan kegagalan fungsi organ lainnya. Karena itu, konsumsilah buah srikaya yang mengandung niasin. Zat ini bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh tanpa terkecuali.

4.  Sebagai Makanan Alami Untuk Penderita Diabetes

Diabetes atau penyakit gula biasanya akan dibatasi konsumsi gula dan karbohidratnya. Manfaat buah srikaya bagi kesehatan penderita diabetes sangat besar. Karena mengandung gula buah yang tidak akan menaikkan kadar gula dalam darah sekaligus mengandung zat yang dapat menstabilkan gula darah.

5.  Menurunkan Hipertensi

Hipertensi juga menjadi salah satu cikal bakal penyakit jantung seperti stroke. Buah srikaya mengandung zat yang akan menurunkan tekanan darah Anda, sehingga resiko tersebut bisa dikurangi.

6.  Memperlancar Pencernaan

Serat dalam buah-buahan seperti srikaya sangat tinggi. Jadi kalau ingin lancar BAB dan bebas dari gangguan pencernaan, konsumsilah buah srikaya serutin mungkin. Niscaya pencernaan Anda akan menjadi lebih lancar. Manfaat buah srikaya yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin diet, bukan?

7.  Mengobati Diare

Diare biasa dialami setiap orang setidaknya beberapa kali dalam setahun. Untuk mengatasinya, menjaga pencernaan sangatlah penting. Namun, untuk yang sudah terlanjur terkena diare, maka asupan vitamin, mineral dan zat lain dalam buah srikaya bisa menjadi obat alami untuk menyembuhkan diare.

8.  Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Potassium dan magnesium sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Karena kandungan kedua zat tersebut bisa memenuhi kebutuhan potassium dan magnesium tubuh.

9.  Sebagai Pestisida Alami

Untuk mengusir hama tanaman, biasanya digunakan pestisida. Namun, bahan kimia dalam pestisida akan terakumulasi dalam tubuh sehingga menyebabkan berbagai penyakit hingga kecacatan pada janin. Kandungan resin dan annonain dalam srikaya bisa menjadi pestisida alami yang tidak terlalu membahayakan kesehatan manusia.

10.  Menjaga Kesehatan Mata

Siapa yang tidak ingin memiliki mata yang sehat? Kalau ingin memiliki mata yang sehat maka asupan vitamin dan riboflavin dalam buah srikaya akan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

11.  Mencegah Arthritis

Kandungan magnesium dan potassium, serta zat besi sudah pasti akan membuat tulang dan gigi semakin terjaga kesehatannya. Maka bagi yang takut terkena arthritis, konsumsi buah srikaya akan memberi manfaat lebih sebagai pencegah datangnya arthritis.

12.  Menyembuhkan Bisul

Manfaat selanjutnya adalah dapat menyembuhkan penyakit kulit seperti bisul. Caranya, yaitu buah srikaya dihaluskan, lalu dicampur dengan sedikit garam, kemudian balurkan pada bisul. Maka bisul Anda akan segera sembuh.

13.  Menjaga Kesehatan Jantung

Jika kolesterol dan hipertensi dapat diturunkan, maka resiko terkena penyakit jantung juga akan menurun. Karena pentingnya menjaga kesehatan jantung, maka konsumsilah buah srikaya agar jantung Anda selalu sehat.

14.  Sebagai Sumber Energi

Karbohidrat dan gula dalam buah srikaya berbeda dengan yang ada pada makanan pokok. Selain memberi energi, buah srikaya juga lebih sehat karena tidak mengandung tambahan pemanis apapun.

15.  Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat buah srikaya yang terakhir adalah untuk meningkatkan sistem imun. Sistem imun tidak akan bertahan selamanya. Akan ada masa naik turun sehingga perlu asupan seperti vitamin untuk menjaga tubuh Anda agar tetap bugar. Buah srikaya mengandung berbagai macam vitamin yang baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Manfaat Buah Srikaya Untuk Kecantikan

16. Membuat Kulit Tampak Bersih dan Cerah

Kandungan buah srikaya yang sangat baik untuk kesehatan dapat kita ketahui dari kadar vitamin C nya yang tinggi. Vitamin C sendiri selalu menjadi zat yang dapat mencegah radikal bebas dalam tubuh. Nah, selain itu, vitamin C juga sangat baik untuk kecantikan tubuh. Manfaat buah srikaya untuk kecantikan tentunya didukung dengan kandungan vitamin C nya ini.

Vitamin C untuk kecantikan tentunya sangat berguna sebagai pencerah warna kulit, sehingga kulit Anda akan terlihat lebih bersih dan bersinar. Selain kandungan vitamin C untuk kesehatan kulit, buah srikaya juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi yang akan sangat bermanfaat untuk kesehatan mata dan kesehatan rambut.

Efek Samping Srikaya

Sebegitu banyaknya manfaat buah srikaya bagi kesehatan tubuh, ternyata buah ini juga cukup wajib dihindari bagi orang-orang yang tidak mengetahui cara pemanfaatannya. Tanaman yang memiliki banyak manfaat ini wajib dihindari oleh seorang ibu hamil, terutama pada bagian biji, kulit dan akarnya. Air rebusan biji, kulit dan akar pohon srikaya dapat membuat ibu hamil memiliki risiko sakit pada bagian rahim dan tentu akan mengakibatkan risiko juga pada si janin.

Pantangan ini hanyalah dikhususkan untuk seorang ibu hamil, karena ditakutkan akan membahayakan kesehatan janinnya. Namun, apabila Anda seorang wanita yang tidak sedang merencanakan kehamilan, janganlah takut untuk mengonsumsi buah srikaya karena buah ini tetap mengandung banyak manfaat buah srikaya yang akan sangat baik bagi kesehatan tubuh, dan tidak lupa juga untuk kecantikan tubuh Anda.

Mungkin itu saja informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat, jika ada informasi yang kurang lengkap Anda dapat menambahkannya lewat kolom komentar di bawah ini. Terima kasih semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "16 Khasiat Luar Biasa Buah Srikaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan"

Posting Komentar

loading...