22 Manfaat Biji Selasih yang Ampuh untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Biji Selasih  -  Biji selasih berasal dari bunga kemangi yang sudah kering dan biji tersebut direndam hingga muncul selaput putih bening dipinggirnya. Biji selasih memiliki warna hitam kecil dan luarnya dikelilingi warna putih bening, besarnya hampir seukuran dengan wijen. Biji selasih ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa, manfaat biji selasih dipercaya ampuh untuk mengobati berbagai jenis penyakit dan berguna untuk perawatan kecantikan.

Biji selasih


Selasih memiliki nama latin ocinum yang merupakan kelompok pembagian terstruktur tentang tumbuhan berkerajaan plantea dan merupakan tanaman asli Thailand. Tumbuhan ini memang banyak dimanfaatkan pada bagian biji, daun serta buahnya. Daunnya yang berfungsi sebagai rempah dengan aroma khasnya yaitu wangi, langu, manis, dan menyegarkan.

Di negara cina, biji selasih sudah lama dimanfaatkan untu berbagai obat alternative yang menyembuhkan berbagai penyakit. Orang cina, percaya biji selasih dapat meredakan demam, menurunkan pasa pada tubuh, mengobati sakit karena gigitan serangga, menambah selera makan dan mengobati batuk.

Selain memiliki rasa yang enak dan membuat penasaran bagi yang belum pernah mengkonsumsinya, biji selasih baik dikonsumsi kapanpun tanpa berdampak buruk bagi kesehatan. Saat yang paling tepat dan dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman atau makanan yang berbahan dasar biji selasih adalah pada malam hari.

Salah satu jenis selasih yang popular di Indonesia adalah kemangi. Pada umumnya, masyarakat Indonesia banyak memanfaatkan selasih ini pada bagian daun sebagai bumbu rempah dan lalapan, sedangkan bijinya untuk campuran berbagai minuman es. Bukan hanya sebagai pelengkap minuman dingin, tidak bisa dipungkiri biji selasih ini memiliki beragam kandungan yang baik didalamnya sehingga fungsi dan khasiatnya juga banyak.


Kandungan Nutrisi Biji Selasih

Beragam kandungan baik yang terdapat di dalam biji selasih di antaranya eugenol, tymol, metal eugenol, vitamin, lemak, dan serat. Eugamol berfungsi sebagai fungisida dalam tubuh, tymol memiliki fungsi repellent atau penghalau serangga, antibiotic yang akan melawan bakteri, dan metal eugenol sebagai atraktan atau pemikat. Selain itu ada juga kandungan minyak atsiri dalam biji selasih yang terdiri dari linalool, methyichavicol, citral, geraniol, ocimenen, 1.8 cincole, encalyptole, himonene, eugenol methylether, furfural, methyl cinnamate, dan farnesol. Kandungan ini sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit serta wajah. Berikut ini adalah ulasan beberapa manfaat biji selasih.


Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan


1. Mengurangi dampak buruk dari nikotin

Dengan mengkonsumsi biji selasih maka dapat meminimalisir dampak negative nikotin di dalam tubuh yang kebanyakan didapat dari hasil hirupan asap rokok. Tidak hanya bijinya, daun selasih juga memiliki manfaat yang sama dalam meminimalisir efek nikotin dalam tubuh.

2. Menguatkan sistem imun dalam tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam biji selasih inilah yang berperan penting dalam meningkatkan dan menguatkan imunitas dalam tubuh manusia.

3. Menyembuhkan sembelit dan perut kembung

Efek karminatif yang terdapat pada biji selatif berfungi menyembuhkan berbagai masalah pencernaan seperti perut kembung, kram, sembelit dan susah BAB. Selain itu juga bisa menyembuhkan radang lambung dengan mengkonsumsi 5gr biji selasih yang direbus dengan 200cc air dan tambahan 1sdm madu di setipa pagi dan petang.

4, Mampu mengobati batuk

Antispasmodic dalam biji selasih mampu membantu menyembuhkan batuk rejan. Oleh karena itu, tidak heran jika sudah banyak masyarakat memanfaatkan biji selasih ini untuk ekspektoran dan obat batuk dengan mencampurkan biji selasih pada secangkir teh yang dapat juga mengencerkan dahak.

5. Mampu meredakan stress

Biji bunga kemangi ini tidak jarang dijadikan sebagai bahan aromaterapi karena ia memiliki efek menenangkan dan dapat memperbaiki suasana hati. Selain itu, biji selasih atau biji bunga kemangi dapat menyembuhkan kelelahan, syaraf tegang, migran dan mengurangi depresi. Caranya dengan menyeduh 5gr biji selasih pada 200 cc air lalu minumlah ketika masih hangat dan campurkan madu serta jeruk nipis secukupnya.

6. Meredakan gangguan pernapasan

Mengkonsumsi minuman jahe dengan campuran biji selasih dan madu dapat menjadi obat alami dalam mengatasi gangguan pernapasan seperti asma dan bronchitis. Caranya yaitu dengan merebus jahe dan biji bersama segelas air secara bersamaan lalu tambahkan madu secukupnya dan diminum saat masih hangat.

7. Menyembuhkan luka dan infeksi pada kulit

Biji selasih mengandung minyak alami yang bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan luka dan infeksi pada kulit seperti luka bakar.

8. Menurunkan kadar gula dalam darah

Penelitan sutter gould medical foundation membuktikan bahwa biji selasih daoat membantu menormalkan kadar gula dalam darah pada pasien diabetes tipe 2. Tidak hanya tu, biji selasih juga efektif dalam mengontrol nafsu makan.

9. Dapat menguatkan tulang

Anti inflamasi yang terdapat pada tumbuhan satu ini mampu menyembukan penyakit arthritis. Kalsium yang terdapat dalam biji selasih juga dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah tulang keropos.

10. Dapat menahan rasa lapar

Bagi mereka yang sedang menjalankan program diet, biji selasih dapat digunakan sebagai alternetif untuk menahan rasa lapar bagi orang yang sedang diet. Serat yang terkandung dalam biji selasih inilah yang membuat kenyang lebih lama tetapi tetap menyehatkan usus karena menghambat konversi pati menjadi gula dan mengurangi penyerapan toksin dalam tubuh.

11. Membantu menghilangkan insomnia

Gangguan susah tidur satu ini banyak dialami oleh masyarakat. Dengan rutin mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung biji selasih maka dapat mengurangi rasa gelisah yang berlebihan atau susah tidur.

12. Menyembuhkan sakit gigi

Dengan meminum hasil rebusan 10gr biji selasih yang dicampur 4 butir cengkeh dapat membantu meredakan sakit gigi. Minumlah ketika masih dalam kondisi hangat.

13. Menyembuhkan sakit kepala

Dengan mengkonsumsi 5gr biji selasih yang sudah direbus dengan air panas dan tambahan madu maka dapat meredakan sakit kepala.

14. Memperlancar sirkulasi darah

Selain khasiatnya yang dapat memperlancar peredaran darah dalam tubuh, biji selasih juga memperlancar keluarnya keringat, meningkatkan kinerja hati yang menetralkan dan mengeluarkan racun, melancarkan air seni, dan menurunkan demam dan panas dalam.

15. Bermanfaat bagi ibu hamil

Untuk ibu yang sedang hamil muda biasanya sering mengalami demam atau panas dalam. Biji selasih dapat dimanfaatkan untuk mengatasi panas dalam pada ibu hamil. Namun, jika panas dan demamnya sudah kelewat tinggi sebaiknya dibawa ke dokter karena data berbahaya untuk kesehatan janin.

Berbagai manfaat selasih seperti yang dijelaskan di atas juga berlaku untuk ibu hamil, seperti mengurangi keadaan gelisah, mengatasi susah tidur, mengatasi masalah pencernaan, melancarkan sirkulasi darah, meredakan kejang, menghilangkan rasa sakit, peluruh kemih dan keringat, membersihkan racun dalam tubuh, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

16. Berkhasiat sebagai anti radang

Selasih memiliki efektivitas sama seperti aspirin dan ibuprofen. Selain itu, selasih memang tidak akan mengiritasi perut karena pada tumbuhan herba ini terdapat unsur yang akan mencegah perlukaan dalam tubuh. Semua bagian dalam biji selasih dapat dimanfaatkan mulai dari daun, batang, tangkai, bunga, biji serta minyak atsiri yang dikandungnya untuk mengobati berbagai macam penyakit baik fisik maupun psikis.


Manfaat Biji Selasih untuk Kecantikan


17. Membantu menghaluskan dan melembabkan kulit wajah

Dalam menggunakan biji selasih sebagai ramuan kecantikan, maka tumbuklah biji selasih hingga halus, seduh dengan air panas secukupnya, aduk hingga dingin lalu gunakan sebagai lulur pada wajah dan lakukan sehari sekali menjelang mandi sore.

18. Mengurangi garis halus tanda penuaan pada wajah

Seiring dengan bertambahnya usia, wajah akan mulai muncul keriput yang diawali dengan terbentuknya garis halus pada kening dan juga garis senyum pada pinggiran bibir juga pipi. Nah, manfaat biji selasih cukup baik dalam menunda penuaan dini dan juga menyamarkan kembali garis-garis pada wajah secara alami.

19. Dapat menghilangkan kantung mata

Gejala ini bisa muncul karena kondisi mata yang terlalu lelah, sering begadang dan juga karena aktivitas lain yang membuat mata bekerja lebih berat. Sangat tidak heran jika kantung mata menjadi masalah umum yang membutuhkan penanganan khusus, namun Anda tidak perlu khawatir karena dengan mengonsumsi biji selasih secara rutin masalah tersebut bisa teratasi.

20. Mencegah munculnya jerawat pada wajah

Dengan rajin menjaga kebersihan wajah dan mengonsumsi ramuan alternatif dari biji selasih dipercaya mampu mencegah timbulnya jerawat pada wajah.

21. Dapat membantu mengecilkan perut yang buncit

Perut buncit disebabkan karena adanya penumpukan lemak berlebih dan bisa juga karena saluran pencernaan yang kurang lancar. Solusi untuk mencegahnya adalah dengan menjaga asupan makanan (kontrol dan perhatikan menu makanan yang anda konsumsi) rajin olahraga dan mengonsumsi biji selasih sebagai pelancar saluran pencernaan.

22. Menu alternatif  diet

Konsumsi biji selasih bisa menunda lapar lebih lama. Dengan begitu Anda bisa menahan rasa lapar lebih lama sampai batas waktu yang sdah dijadwalkan.

Semoga setelah membaca artikel 22 Manfaat Biji Selasih yang Ampuh untuk Kesehatan dan Kecantikan ini Anda dapat memanfaatkan biji selasih secara maksimal. Cukup sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Jika Anda berkenan, silakan klih share agar lebih banyak yang mengetahui bahwa manfaat biji selasih sangat luar biasa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "22 Manfaat Biji Selasih yang Ampuh untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Posting Komentar

loading...