Manfaat Matoa untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Matoa - Matoa memiliki nama latin pometia pinnata, bentuk fisik matoa ini mirip kedondong, berbentuk bulat oval dengan kulit luar yang licin dan keras serta berwarna coklat kemerahan. Matoa adalah salah satu tumbuhan yang baik buah, daun, maupun batangnya kaya manfaat. Tumbuhan yang termasuk jenis buah-buahan ini memiliki bau yang harum seperti durian serta rasa manis, legit dan menyegarkan seperti rambutan dan kelengkeng.

Buah yang berasal dari daerah papua ini dijual dengan harga yang cukup mahal di pasaran yang setimpal dengan kekayaan manfaatnya. Kekayaan manfaatnya ditunjang oleh kandungan nutrisinya yang sangat baik seperti vitamin C dan E serta antioksidan. Kira-kira apa saja manfaat buah matoa bagi kesehatan dan kecantikan? Langsung saja simak pembahasan berikut ini.


Matoa

Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan


Buah dari tumbuhan matoa enak dimakan sekaligus kaya manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari mengonsumsi buah matoa:

1. Meningkatkan stamina

Berbagai rutinitas sehari-hari serta permasalahan yang dihadapi menguras banyak energi sehingga dibutuhkan istirahat yang cukup dan asupan makanan yang dapat mengembalikan stamina tubuh. Salah satu jenis makanan yang  baik dikonsumsi untuk meningkatkan stamina adalah buah matoa.

2. Mencegah penyakit jantung Koroner 

Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan konsumsi makanan berkolesterol tinggi dituding sebagai penyebab penyakit jantung Koroner. Untuk mencegah penyakit berbahaya ini ada baiknya anda mengganti camilan keripik anda dengan buah matoa. Manis, segar, dan menyehatkan.

3. Sumber antioksidan alami 

Kekayaan antioksidan yang dimiliki buah matoa dapat dijadikan sumber asupan antioksidan alami bagi tubuh. Daripada mengonsumsi suplemen-suplemen antioksidan yang belum diketahui kualitasnya lebih baik mengonsumsi buah alami yang sudah jelas manfaatnya.

4. Mencegah perkembangan radikal bebas 

Kandungan antioksidan pada buah matoa sangat bermanfaat untuk menghambat perkembangan radikal bebas di dalam tubuh. Hasilnya tubuh terhindar dari berbagai efek buruk radikal bebas seperti penyakit jantung dan penuaan dini.

5. Baik untuk kesehatan kulit 

Mengonsumsi buah matoa juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Terutama dalam membantu regenerasi sel-sel kulit sehingga sel-sel kulit yang telah mati dapat segera digantikan oleh sel-sel yang baru.

6. Mengobati wasir 

Penyakit wasir atau ambeien menyerang bagian paling pribadi pada tubuh manusia sehingga tidak hanya menyakitkan namun juga memalukan. Untuk mengobati penyakit ini ada banyak jenis tanaman obat yang dapat digunakan salah satunya buah matoa.

7. Melancarkan pencernaan 

Mengonsumsi buah matoa juga sangat baik untuk pencernaan mulai dari pemrosesan makanan, penyerapan sari makanan, hingga pembuangan zat sisa sehingga perut terasa lebih enak dan tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang maksimal.

8. Menetralisir kanker 

Sel-sel kanker yang menggerogoti tubuh dapat dinetralisir sehingga lebih jinak dan lebih mudah disembuhkan dengan cara mengonsumsi buah matoa.

9. Mempercepat penyembuhan luka 

Konsumsi buah matoa juga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka sehingga luka lebih cepat kering dan sehat seperti sedia kala.

10. Mencegah dan mengatasi stress 

Tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, mengonsumsi buah matoa ternyata juga sangat baik untuk kesehatan mental. Dimana dengan mengonsumsi buah ini dapat mencegah atau mengatasi stres yang melanda.


Manfaat Buah Matoa untuk Kecantikan


11. Melembabkan dan menjadikan kulit lebih kenyal 

Dengan kandungan vitamin E yang sangat tinggi membuat buah matoa sangat baik untuk melembabkan dan menjadikan kulit lebih kenyal. Hal ini didukung oleh kemampuan vitamin E untuk menjaga kadar air pada kulit sehingga kulit terlihat lebih awet muda.

12. Mencerahkan kulit 

Beberapa anggota tubuh seperti wajah dan tangan biasanya memiliki warna kulit yang lebih gelap karena sering terpapar berbagai polutan dan sengatan sinar matahari. Untuk mengembalikan kecerahan kulit kita dapat memanfaatkan buah matoa yang kaya dengan vitamin C dan E.
ads

13. Mencegah timbulnya jerawat 

Dengan rajin mengonsumsi buah matoa yang sarat dengan vitamin C dan E juga dapat mencegah timbulnya jerawat sehingga kulit terlihat lebih bersih.

14. Melindungi kulit dari sinar UV 

Sinar ultraviolet seperti UVA dan UVB dapat merusak kulit yang tidak hanya mengganggu penampilan tetapi juga menimbulkan penyakit berbahaya seperti kanker kulit. Untuk mencegah hal ini kita mesti melindungi kulit salah satunya dengan mengonsumsi buah matoa.


Manfaat Batang/Kayu Matoa


Batang/kayu matoa juga tidak kalah bermanfaat baik untuk kesehatan atau tujuan lainnya. Berikut beberapa manfaat batang/kayu matoa:

1. Mengobati luka 

Luka yang mengenai kulit dapat diobati dengan menggunakan kulit dari kayu matoa. Cara ini digunakan oleh masyarakan Priangan di Jawa Barat.

2. Mengatasi demam

Mengatasi demam untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi ketika demam kita dapat menggunakan air rebusan kulit dari kayu matoa sebagai air mandi.

3. Sebagai bahan bangunan

Bahan bangunan Batang pohon matoa yang cukup besar dan keras dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat rumah atau bangunan, seperti dijadikan tiang rumah.

4. Bahan dasar pembuatan perahu

Bahan pembuat perahu Batang pohonnya yang keras dan kuat juga sangat baik untuk dijadikan bahan dasar pembuatan perahu.

5. Bahan mebel

Bahan pembuat mebel Selama ini kita mungkin hanya mengenal kayu-kayu tertentu seperti kayu jati dan trembesi dalam pembuatan mebel. Namun kayu pohon matoa ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan mebel sehingga kita memiliki lebih banyak pilihan dalam membuat mebel.

6. Sebagai kayu bakar 

Sebagian orang juga kerap menjadikan kayu atau batang matoa sebagai kayu bakar untuk memasak makanan. Menurut mereka rasa masakan yang dihasilkan dari pembakaran kayu bakar lebih enak dan harum daripada menggunakan kompor.

7. Sebagai bahan pembuat arang

Sebagai arang untuk memanggang Selain itu kayu pohon matoa juga bisa dijadikan sebagai arang yang dimanfaatkan ketika memanggang makanan seperti memanggang udang, ikan, atau kepiting.


Manfaat Daun Matoa


Sebagaimana tumbuhan obat lainnya daun dari tumbuhan matoa juga banyak dijadikan obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit diantaranya:

1. Mengobati batu ginjal 

Material keras yang terbentuk dan menyumbat ginjal dapat menyebabkan beberapa keluhan seperti urine yang bercampur dengan darah, nyeri pada pinggang, nyeri di selangkangan, dan lain sebagainya tergantung tingkat keparahannya. Untuk meluruhkan batu ginjal ini kita dapat memanfaatkan ramuan dari daun matoa.

2. Mengobati batu empedu 

Selain batu ginjal masalah sumbatan lain yang menyerang organ tubuh adalah batu empedu. Sesuai namanya penyakit ini merupakan pembentukan material keras seperti batu yang terjadi dan menyumbat saluran empedu. Penyakit ini juga bisa diatasi dengan mengonsumsi ramuan daun matoa.

3. Meminimalisir resiko penyakit gula 

Buah matoa terkenal dengan daging buahnya yang manis. Mengonsumsi buah ini dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit gula karena asupan gula yang didapat dari buah matoa lebih alami dan sehat.

4. Mengobati hipertensi 

Penderita hipertensi dapat mencoba meminum ramuan daun matoa ketika tekanan darahnya sangat tinggi agar tekanan darahnya kembali normal.

Banyak sekali bukan manfaat dari tumbuhan matoa ini? Tidak hanya dari segi kesehatan dan kecantikan, ternyata buah ini juga sangat baik digunakan sebagai bahan baku bangunan, perahu, bahkan mebel.

Itu saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel berjudul Manfaat Matoa untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Harus Anda Ketahui ini bermanfaat untuk para pembaca.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Matoa untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Harus Anda Ketahui"

Posting Komentar

loading...